BRAND MENTALIST
Bisnis

5 Kesalahan Dalam Pemasaran Yang Wajib Dihindari

November 21, 2018

5 Kesalahan Dalam Pemasaran Yang Wajib Dihindari Menjadi seorang pengusaha yang sukses tentu saja merupakan impian bagi banyak orang, namun meraih kesuksesan dalam dunia usaha bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena Anda harus bekerja keras untuk bisa meraihnya.

Ada berbagai macam faktor yang bisa mempengaruhi kesuksesan dalam dunia usaha, salah satunya adalah pemasaran. Ya, kegiatan pemasaran memang sangatlah penting, bahkan menjadi salah satu mata rantai yang tidak bisa terpisahkan dari dunia usaha.

Kegiatan pemasaran sangatlah erat kaitannya dengan kesuksesan usaha di mana pemasaran akan bisa menjadi indikator sukses atau tidaknya suatu usaha.

Setiap pelaku usaha tentu saja harus memiliki strategi pemasaran produk yang efisien, konsep pemasaran yang tepat akan mampu untuk menjangkau banyak calon konsumen potensial.

Menyusun strategi pemasaran yang efektif tentu saja bukanlah hal yang mudah untuk Anda lakukan, setidaknya ada 5 kesalahan dalam pemasaran yang wajib dihindari seperti yang akan diulas berikut ini.

5 Kesalahan Dalam Pemasaran Yang Wajib Dihindari

  1. Tidak Melakukan Uji Coba Pasar

Salah satu kesalahan yang biasa dilakukan oleh para pengusaha terutama yang masih pemula adalah tidak melakukan uji coba pasar terlebih dahulu. Padahal uji coba pasar atau riset merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pemasaran, hal ini dikarenakan proses riset akan membuat Anda menjadi lebih mengetahui mengenai produk seperti apa yang disukai oleh masyarakat.

  1. Target Pasar Tidak Jelas

Kesalahan kedua yang juga wajib Anda hindari adalah tidak memiliki target pasar, padahal target pasar merupakan salah satu hal penting dalam dunia bisnis. Pasalnya jika Anda belum memiliki target pasar yang jelas maka kegiatan pemasaran yang Anda lakukan menjadi tidak efektif dan hanya menghamburkan uang, alangkah baiknya apabila Anda menentukan target pasar yang spesifik terlebih dahulu.

  1. Tidak Membuat Anggaran Pemasaran

Sebagian pelaku usaha menganggap kegiatan pemasaran sebagai suatu beban bagi usaha yang dikelolanya sehingga mereka tidak mau mengeluarkan dana yang besar untuk melakukan kegiatan pemasaran. Padahal perlu Anda ketahui bahwa kegiatan pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga Anda harus mengalokasikan dana khusus untuk membiayainya.

  1. Tidak Memanfaatkan Teknologi

Seperti yang Anda ketahui bawa saat ini kita hidup di jaman modern yang dipenuhi dengan berbagai produk teknologi yang canggih. Sebagai seorang pengusaha, tentu saja Anda harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk mengoptimalkan usaha yang Anda kelola. Anda bisa memanfaatkan internet dengan membuat online shop sehingga Anda akan bisa berjualan secara online.

  1. Tidak Memperhatikan Pelanggan Lama

Kesalahan berikutnya yang juga sering dilakukan oleh para pengusaha adalah tidak memperhatikan pelanggan lama. Kesalahan yang satu ini akan berakibat fatal di mana pelanggan lama akan pergi meninggalkan Anda, padahal perlu diketahui bahwa pelanggan lama merupakan aset yang sangat berharga sehingga Anda sebagai pengusaha harus menjaga hubungan baik dengan mereka.

Jika Anda ingin meraih kesuksesan dalam menjalankan usaha, maka hendaknya Anda menghindari beberapa kesalahan yang ada di atas.

You Might Also Like