BRAND MENTALIST
Bisnis

7 Tips Manajemen Biaya Guna Meningkatkan Profitabilitas Bisnis Anda

September 7, 2018

7 TIPS Manajemen Biaya Guna Meningkatkan Profitabilitas Bisnis AndaJika berbisnis itu mudah, maka semua orang akan melakukannya. Tentunya Anda juga mengetahui bahwa betapa sulitnya menjalankan perusahaan Anda sendiri, bukan? Nah berikut ini adalah 7 tips yang membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut, diantaranya yaitu :

  1. Investasikan pada akuntan

Dengan seorang akuntan, maka Anda akan memahami bagaimana sistem pajak bekerja dan bagaimana bisnis kecil dapat beroperasi secara legal di dalamnya serta dapat mengurangi tagihan pajak yang dibayarkan perusahaan Anda.

Lebih baik Anda fokus pada pelanggan dan biarkan seorang akuntan yang mengerti bagaimana pajak bekerja dan juga bagaimana cara kerjanya dalam hubungannya dengan keadaan perusahaan Anda sendiri.

  1. Matikan alat yang tidak digunakan

Kadang-kadang karyawan lupa untuk tidak mematikan komputer selama lebih dari tiga tahun, bahkan ketika mereka pergi berlibur selama beberapa pekan. Bayangkan juga jika listrik disia-siakan oleh lampu yang menyala di kantor yang tidak digunakan.

Mematikan peralatan yang tidak digunakan akan mengurangi tagihan biaya. Dan berbicara tentang mengurangi biaya listrik, maka ada baiknya melihat investasi dalam energi yang terbarukan. Panel PV atau pemanas air matahari di atas atap dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perusahaan Anda tentunya.

  1. Optimalkan perangkat lunak

Perangkat lunak bisnis terbaru Microsoft dan Office 365 menjadi opsi bagi karyawan untuk memiliki akun Skype guna menunjang pekerjaan. Ketika perangkat lunak menjadi lebih banyak digunakan, maka secara otomatis biaya listrik juga akan meningkat. Oleh karena itu, Anda harus mengelolanya dengan optimal.

  1. Kendalikan stok gudang

Ketika Anda melihat rak-rak penuh stok di gudang atau kantor Anda,maka  coba bayangkan itu sebagai tumpukan uang, yang mana uang itu tidak dapat Anda gunakan untuk membayar tagihan atau staf dan tidak dapat membeli lebih banyak bahan baku.

Akibatnya akan timbul pemborosan. Oleh karena itu, jaga tingkat persediaan stok serendah mungkin untuk memenuhi permintaan pelanggan dan Anda akan memiliki lebih banyak biaya cadangan untuk mendukung dan menumbuhkan bisnis / perusahaan Anda.

  1. Jangan merasa nyaman

Kapan terakhir kali Anda meninjau harga yang terbungkus dalam kesepakatan yang Anda miliki dengan pemasok yang sudah bekerja selama bertahun-tahun? Apakah mereka masih kompetitif? Bagaimana Anda tahu? Untuk itu, apakah mereka pernah kompetitif?

Tidak ada salahnya untuk ngobrol tentang bagaimana mungkin ada cara untuk memangkas biaya. Mungkin pemasok dapat menawarkan materi yang sedikit berbeda untuk Anda dengan harga yang lebih baik. Jika Anda tidak bertanya, maka Anda tidak akan tahu.

  1. Ukur dan kontrol

Gunakan aplikasi manajemen keuangan untuk membawa manajemen pengeluaran Anda ke pijakan yang formal dan efisien. Ada berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Semua produk sudah memiliki fitur yang berlaku untuk ukuran bisnis yang mereka tuju.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah fitur tersebut akan bekerja untuk Anda adalah dengan  memberi mereka uji coba dalam bisnis secara real-time. Mereka akan bisa merevolusi sistem manajemen pengeluaran Anda secara efektif.

  1. Ingat anggaran lainnya

Ini sudah waktunya bagi Anda untuk tidak terlalu memaksakan diri dengan menggunakan terlalu banyak anggaran tidak penting ke dalam bisnis. Dengan menyederhanakan proses dengan bantuan teknologi yang tersedia, maka Anda akan dapat meraih lebih banyak anggaran dalam waktu yang lebih singkat, yang mana akan meningkatkan kualitas bisnis Anda. Selain itu juga akan memungkinkan bagi Anda untuk tetap fokus pada cara Anda menjalankan bisnis.

Itulah pembahasan mengenai 7 TIPS Manajemen Biaya Guna Meningkatkan Profitabilitas Bisnis Anda yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat ya.

You Might Also Like